Kisi-Kisi USBN Tahun Pelajaran 2018/2019 Mata Pelajaran Agama SD/MI
Kisi-Kisi USBN Tahun Pelajaran 2018/2019 Mata Pelajaran Agama SD/MI
Dalam Kurikulum 2013 Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan adalah proses pengumpulan informasi / data tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek sikap, aspek pengetahuan dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis dalam bentuk penilaian akhir dan ujian sekolah / madrasah dan digunakan untuk penentuan kelulusan dari satuan pendidikan. Lingkup penilaian hasil belajar peserta didik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah mencakup aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan.
Untuk penilaian pada semester pertama istilah terbaru yaitu Penilaian Akhir Semester (PAS) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.
Hasil penilaian akhir semester selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan untuk program remedial, pengayaan, dan pengisian rapor.
Kisi-kisi adalah suatu format berbentuk matriks berisi informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis atau merakit soal. Kisi-kisi disusun berdasarkan tujuan penggunaan tes. Penyusunan kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum penulisan soal. Bila beberapa penulis soal menggunakan satu kisi-kisi, akan dihasilkan soal-soal yang relatif sama (paralel) dari tingkat kedalaman dan cakupan materi yang ditanyakan.
Kisi-kisi tes prestasi akademik harus memenuhi persyaratan berikut:
- Mewakili isi kurikulum yang akan diujikan.
- Komponen-komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami.
- Indikator soal harus jelas dan dapat dibuat soalnya sesuai dengan bentuk soal yang telah ditetapkan.
Komponen-komponen yang diperlukan dalam sebuah kisi-kisi disesuaikan dengan tujuan tes. Komponen kisi-kisi terdiri atas komponen identitas dan komponen matriks. Komponen identitas diletakkan di atas komponen matriks. Komponen identitas meliputi jenis/jenjang sekolah, program studi/jurusan, mata pelajaran, tahun ajaran, kurikulum yang diacu, alokasi waktu, jumlah soal, dan bentuk soal. Komponen-komponen matriks berisi kompetensi dasar yang diambil dari kurikulum, kelas dan semester, materi, indikator, level kognitif, dan nomor soal.
Berikut ini adalah materi lengkap Kisi-Kisi USBN Tahun Pelajaran 2018/2019 Mata Pelajaran Agama SD/MI
Kisi-Kisi USBN SD PA Islam K-2013.pdf
Kisi-Kisi USBN SD PA Islam K-2006.pdf
Kisi Kisi USBN SD PA Kristen.pdf
0 Response to "Kisi-Kisi USBN Tahun Pelajaran 2018/2019 Mata Pelajaran Agama SD/MI"
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.