Langkah-langkah Menyusun kisi-kisi soal yang baik dan benar
Wawasan Pendidikan Nusantara. Salam untuk semua rekan rekan guru se Nusantara. Pada kali ini admin akan memberikan sebuah tips yang mana masih berkaitan dengan sekolah yaitu Langkah-Langkah Penyusunan Kisi-Kisi Soal Untuk Semua Jenjang. Bapak ibu tentunya sudah mahir dalam membuat kisi-kisi soal akan tetapi guru perlu memperhatikan langkah-langkah yang baik bagaimana cara menyusun kisi-kisi soal.
Penilaian hasil belajar
dilakukan secara terpadu sebagaimana dijelaskan di Permendiknas Nomor 20
Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan, bahwa maksud terpadu,
berarti penilaian oleh pendidik merupakan salah satu komponen yang tak
terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.
Secara garis besar, Fungsi Penilaian hasil belajar, diantaranya adalah:
- Alat untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran. Dengan fungsi ini maka penilaian harus mengacu pada rumusan tujuan pembelajaran sebagai penjabaran dari kompetensi mata pelajaran
- Umpan balik bagi perbaikan proses belajar-mengajar. Perbaikan mungkin dilakukan antara lain : dalam hal tujuan pembelajaran, kegiatan atau pengalaman belajar siswa, strategi pembelajaran yang digunakan guru, media pembelajaran.
- Dasar dalam menyusun laporan kemajuan belajar siswa kepada para orang tuanya. Dalam laporan tersebut dikemukakan kemampuan dan kecakapan pelajar siswa dalam berbagai bidang studi atau mata pelajaran dalam bentuk nilai-nilai prestasi yang dicapainya.
Kartu Soal
Dalam melakukan penilaian hasil belajar, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan yaitu :
- Penentuan tujuan tes,
- Penyusunan Kisi-kisi tes,
- Penulisan Soal,
- Penelaahan Soal (validasi soal),
- Perakitan soal menjadi perangkat tes,
- Uji coba soal termasuk analisisnya,
- Bank Soal
- Penyajian tes kepada siswa
- Skoring (pemeriksaan jawaban siswa)
Menyusun Kisi-Kisi Soal
Kisi-kisi adalah Suatu format berupa matriks yang memuat pedoman untuk
menulis soal atau merakit soal menjadi suatu tes. Kisi-kisi berfungsi
sebagai pedoman dalam penulisan soal dan atau dalam melakukan perakitan
tes.
Syarat-syarat kisi-kisi yang baik :
- Mewakili isi kurikulum/kemampuan yang akan diujikan;
- Komponen-komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami;
- Soal-soalnya dapat dibuat sesuai dengan indikator dan bentuk soal yang ditetapkan
Komponen kisi-kisi terdiri dari :
A.Kelompok Identitas :
- Jenis institusi
- Program/Jurusan
- Bidang studi/matapelajaran
- Tahu nelajaran
- Kurikulum yang diacu/dipergunakan
- Jumlah soal
- Bentuk soal
B. Kelompok Matriks
- Kompetensi Dasar
- Materi yang akan diberikan/dijadikan soal
- Indikator
- Nomor urut soal (jika diperlukan)
KOMPETENSI DASAR
Kompetensi Dasar:Kemampuan minimal yang
harus dikuasai siswa setelah mempelajari materi pelajaran tertentu.
Kompetensi ini diambil dari kurikulum.
MATERI
Materi merupakan:bahan ajar yang harus
dikuasai siswa berdasarkan kompetensi yang akan diukur. Penentuan materi
(bahan ajar) yang akan diambil disesuaikan dengan indikator yang akan
disusun.
Untuk pembuatan soal, kita harus bisa
memilih materi esensial yang akan dikeluarkan dalam tes. Untuk memilih
materi esensial kita dapat berpatokan pada kriteria-kriteria berikut ini
:
- Merupakan materi lanjutan
- Pendalaman dari satu materi yang sudah dipelajari sebelumnya
- Merupakan materi penting yang harus dikuasai oleh siswa
- Merupakan materi yang sering diperlukan
- Untuk mempelajari bidang studi lain
- Merupakan materi yang berkesinambungan yang terdapat pada semua jenjang kelas
- Merupakan materi yang memiliki nilai terapan dalam kehidupan sehari-hari
INDIKATOR
Indikator:berisi ciri-ciri perilaku yang dapat diukur sebagai petunjuk
untuk membuat soal. Indikator dikembangkan sesuai dg karakteristik
siswa, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan
dg kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi.
Syarat-syarat indikator yang baik adalah :
- Memuat ciri-ciri kompetensi dasar yang akan diukur.
- Memuat kata kerja operasional yang dapat diukur.
- Berkaitan dengan materi (bahan ajar) yang dipilih.
- Dapat dibuatkan soalnya.
Teknik Perumusan Indikator :
- Bila Soal Terdapat Stimulus, maka rumusan indikatornya: “Disajikan …, siswa dapat menjelaskan ….”
Bila Soal Tidak Terdapat Stimulus, maka rumusan indikatornya: “Siswa dapat membedakan ….”
Silahkan Download dibawah ini
1. Bentuk Kartu Telaah Soal Pilihan Ganda Download
2. Teknik Penyusunan Kisi-kisi Download
3. Analisis SKL Download
4. Kisi Kisi Ujian Sekolah Download
1. Bentuk Kartu Telaah Soal Pilihan Ganda Download
2. Teknik Penyusunan Kisi-kisi Download
3. Analisis SKL Download
4. Kisi Kisi Ujian Sekolah Download
Sekian dan semoga bermanfaat serta menambah sedikit wawasan dan menjadi
tambahan referensi bagi para pendidik di seluruh Indonesia.
Klik Link dibawah ini untuk dapat memiliki Langkah-langkah atau teknik penyusunan soal
0 Response to "Langkah-langkah Menyusun kisi-kisi soal yang baik dan benar"
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.