-->

Format Telaah Review RPP Kurikulum 2013 Orientasi HOTS

Format Review RPP Kurikulum 2013 Orientasi HOTS

IN-3
LK-6 Reviu RPP
No.
Komponen
Indikator
Hasil Penilaian/Saran tindak lanjut
A.
Identitas Mata Pelajaran/ Tema
1.   Menuliskan nama sekolah.
2.   Menuliskan matapelajaran.
3.   Menuliskan kelas dan semester.
4.   Menuliskan alokasi waktu.

B.
Kompetensi Inti
Menuliskan KI dengan lengkap dan benar.

C.
Kompetensi Dasar
Menuliskan KD dengan lengkap dan benar.

D.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.       Merumuskan indikator yang mencakup kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan KD.
2.       Menggunakan kata kerja operasional relevan dengan KD yang dikembangkan.
3.       Merumuskan indikator yang cukup sebagai penanda ketercapaian KD.

E
Nilai Karakter
1.       Menuliskan nilai-nilai karakter yang akan dimunculkan dalam pembelajaran
2.       Butir karakter yang dituliskan adalah butir karakter operasional

F
Tujuan Pembelajaran
1.     Tujuan pembelajaran dirumuskan satu atau lebih untuk setiap indikator pencapaian kompetensi.
2.     Tujuan pembelajaran mengandung unsur: audience (A), behavior (B), condition (C), dan degree (D).
3.     Tujuan pembelajaran dirumuskan untuk satu pencapaian KD.

G.
Materi Pembelajaran
1.  Memilih materi pembelajaran reguler, remedial dan pengayaan sesuai dengan kompetensi yang dikembangkan.
2.  Cakupan materi pembelajaran reguler, remedial, dan pengayaan sesuai dengan tuntutan KD, ketersediaan waktu, dan perkembangan peserta didik.
3.  Kedalaman materi kemampuan peserta didik.

H.
Metode Pembelajaran
1.   Menerapkan satu atau lebih metode pembelajaran.
2.   Metode pembelajaran yang dipilih adalah pembelajaran aktif yang efektif dan efisien memfasilitasi peserta didik mencapai indikator-indikator KD beserta kecakapan abad 21.

I.
Media dan Bahan
1.   Memanfaatkan media sesuai dengan indikator, karakteristik peserta didik dan kondisi sekolah.
2.   Memanfaatkan bahan sesuai dengan indikator, karakteristik peserta didik dan kondisi sekolah
3.   Memanfaatkan media untuk mewujudkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik atau model memadai.
4.   Memanfaatkan bahan untuk mewujudkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik atau model memadai.
5.   Memilih media untuk menyampaikan pesan yang menarik, variatif, dan sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.
6.   Memilih bahan untuk menyampaikan pesan yang menarik, variatif, dan sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.

J
Sumber Belajar
1.    Memanfaatkan lingkungan alam dan/atau sosial.
2.    Menggunakan buku teks pelajaran dari pemerintah (Buku Peserta didik dan Buku Guru).
3.    Merujuk materi-materi yang diperoleh melalui perpustakaan.
4.    Menggunakan TIK/merujuk alamat web tertentu sebagai sumber belajar.

K
Penilaian
1.    Mencantumkan teknik, bentuk, dan contoh instrumen penilaian pada ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan indikator.
2.    Menyusun sampel butir instrumen penilaian sesuai kaidah pengembangan instrumen
3.    Mengembangkan pedoman penskoran (termasuk rubrik) sesuai dengan instrumen.

L
Pembelajaran Remedial
1.     Merumuskan kegiatan pembelajaran remedial yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
2.     Menuliskan salah satu atau lebih aktivitas kegiatan pembelajaran remedial, berupa:
·         pembelajaran ulang,
·         bimbingan perorangan
·         belajar kelompok
·         tutor sebaya

M
Pembelajaran Pengayaan
Merumuskan kegiatan pembelajaran pengayaan yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

N
Bahan Ajar
Menguraikan bahan ajar sesuai dengan KD



R-6. Reviu RPP
Nilai
Rubrik
90 < nilai £ 100
Sebelas aspek sesuai dengan kriteria
80 < nilai £ 90
Sepuluh aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
70 < nilai £ 80
Sembilan aspek sesuai dengan kriteria dua  aspek kurang sesuai
60 < nilai £ 70
Tujuh  aspek sesuai dengan kriteria,empat aspek kurang sesuai
<60
Lima aspek sesuai dengan kriteria, enam  aspek kurang sesuai
A.   Tujuan
Peserta menemukan kekurangan dan kelebihan dari RPP yang telah dirancang dan melakukan perbaikan terhadap RPP jika menemukan kekurangan dari hasil tinjauan RPP tersebut.

B.   Petunjuk
1. Peserta dibagi dalam kelompok dengan jumlah anggota maksimal 4 orang dan saling bertukar RPP antara satu kelompok ke kelompok lain berdasarkan pembagian dari Guru Inti untuk melakukan reviu RPP dengan menggunakan LK-6.
2.  Peserta memberikan saran perbaikan dan mendiskusikan dengan Guru Inti terkait RPP yang di-reviu
3.       Peserta melakukan perbaikan RPP berdasarkan hasil reviu LK-6


FORMAT TELAAH RPP 


0 Response to "Format Telaah Review RPP Kurikulum 2013 Orientasi HOTS"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel