Format Telaah Review RPP Kurikulum 2013 Orientasi HOTS
Format Review RPP Kurikulum 2013 Orientasi HOTS
IN-3
LK-6 Reviu RPP
R-6. Reviu RPP
LK-6 Reviu RPP
No.
|
Komponen
|
Indikator
|
Hasil Penilaian/Saran tindak lanjut
|
A.
|
Identitas Mata
Pelajaran/ Tema
|
1.
Menuliskan nama sekolah.
2.
Menuliskan matapelajaran.
3.
Menuliskan kelas dan semester.
4.
Menuliskan alokasi waktu.
|
|
B.
|
Kompetensi Inti
|
Menuliskan KI
dengan lengkap dan benar.
|
|
C.
|
Kompetensi Dasar
|
Menuliskan KD dengan lengkap dan benar.
|
|
D.
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
Merumuskan indikator yang mencakup kompetensi pengetahuan,
keterampilan, dan sikap sesuai
dengan KD.
2.
Menggunakan kata kerja
operasional relevan dengan KD yang dikembangkan.
3.
Merumuskan indikator yang cukup sebagai penanda ketercapaian KD.
|
|
E
|
Nilai Karakter
|
1.
Menuliskan nilai-nilai karakter yang akan
dimunculkan dalam pembelajaran
2.
Butir karakter yang dituliskan adalah butir
karakter operasional
|
|
F
|
Tujuan Pembelajaran
|
1.
Tujuan pembelajaran dirumuskan satu atau lebih untuk setiap indikator pencapaian kompetensi.
2.
Tujuan pembelajaran mengandung unsur:
audience (A), behavior (B),
condition (C), dan degree
(D).
3.
Tujuan pembelajaran dirumuskan untuk satu pencapaian KD.
|
|
G.
|
Materi Pembelajaran
|
1. Memilih materi pembelajaran
reguler, remedial dan
pengayaan sesuai dengan kompetensi
yang dikembangkan.
2. Cakupan materi pembelajaran reguler, remedial, dan pengayaan
sesuai dengan tuntutan
KD, ketersediaan waktu, dan perkembangan
peserta didik.
3. Kedalaman materi kemampuan peserta didik.
|
|
H.
|
Metode Pembelajaran
|
1.
Menerapkan satu atau lebih metode pembelajaran.
2.
Metode pembelajaran yang dipilih adalah pembelajaran aktif yang efektif dan efisien
memfasilitasi peserta
didik mencapai indikator-indikator KD beserta
kecakapan abad 21.
|
|
I.
|
Media dan Bahan
|
1.
Memanfaatkan media
sesuai dengan indikator,
karakteristik peserta didik dan kondisi sekolah.
2.
Memanfaatkan bahan
sesuai dengan indikator, karakteristik peserta didik dan kondisi sekolah
3.
Memanfaatkan media
untuk mewujudkan pembelajaran
dengan pendekatan saintifik
atau model memadai.
4.
Memanfaatkan bahan
untuk mewujudkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik atau model memadai.
5.
Memilih media untuk menyampaikan pesan
yang menarik, variatif, dan
sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.
6.
Memilih bahan untuk menyampaikan pesan yang menarik,
variatif, dan sesuai
dengan indikator pencapaian kompetensi.
|
|
J
|
Sumber Belajar
|
1.
Memanfaatkan lingkungan
alam dan/atau sosial.
2.
Menggunakan buku
teks pelajaran dari pemerintah (Buku Peserta didik dan
Buku Guru).
3.
Merujuk materi-materi yang diperoleh melalui perpustakaan.
4.
Menggunakan TIK/merujuk
alamat web tertentu sebagai sumber belajar.
|
|
K
|
Penilaian
|
1.
Mencantumkan teknik, bentuk,
dan contoh instrumen
penilaian pada ranah
sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai
dengan indikator.
2.
Menyusun sampel butir instrumen penilaian
sesuai kaidah pengembangan instrumen
3.
Mengembangkan pedoman penskoran (termasuk
rubrik) sesuai dengan
instrumen.
|
|
L
|
Pembelajaran Remedial
|
1.
Merumuskan kegiatan pembelajaran remedial yang
sesuai dengan karakteristik peserta didik,
alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
2.
Menuliskan salah satu atau lebih aktivitas kegiatan pembelajaran remedial, berupa:
·
pembelajaran ulang,
·
bimbingan perorangan
·
belajar kelompok
·
tutor sebaya
|
|
M
|
Pembelajaran Pengayaan
|
Merumuskan kegiatan pembelajaran
pengayaan yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
|
|
N
|
Bahan Ajar
|
Menguraikan bahan ajar sesuai dengan KD
|
|
R-6. Reviu RPP
Nilai
|
Rubrik
|
90 < nilai £ 100
|
Sebelas aspek
sesuai dengan kriteria
|
80 < nilai £ 90
|
Sepuluh aspek
sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
|
70 < nilai £ 80
|
Sembilan aspek
sesuai dengan kriteria dua aspek
kurang sesuai
|
60 < nilai £ 70
|
Tujuh aspek sesuai dengan kriteria,empat aspek
kurang sesuai
|
<60
|
Lima aspek sesuai
dengan kriteria, enam aspek kurang
sesuai
|
A.
Tujuan
Peserta menemukan kekurangan
dan kelebihan dari RPP yang telah dirancang dan melakukan perbaikan terhadap
RPP jika menemukan kekurangan dari hasil tinjauan RPP tersebut.
B.
Petunjuk
1. Peserta dibagi dalam kelompok
dengan jumlah anggota maksimal 4 orang dan saling bertukar RPP antara satu
kelompok ke kelompok lain berdasarkan pembagian dari Guru Inti untuk melakukan reviu RPP dengan menggunakan LK-6.
2. Peserta memberikan saran
perbaikan dan mendiskusikan dengan Guru Inti terkait RPP yang di-reviu
3. Peserta melakukan perbaikan
RPP berdasarkan hasil reviu LK-6
FORMAT TELAAH RPP
0 Response to "Format Telaah Review RPP Kurikulum 2013 Orientasi HOTS"
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.