-->

Kemenag Segera Laksanakan Uji Coba PPKB-GPAI Tahun 2017 Pada 4 Provinsi

Info dan Berita Madrasah | Pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Pendidikan Agama Islam (PPKB-GPAI) telah siap diujicobakan. Pada kegiatan konsinyering persiapan pelaksanaan piloting PPKB-GPAI Tahun 2017 di Hotel Grand Whiz Kelapa Gading Jakarta Utara, Tim Pengembang PPKB-GPAI beserta Pejabat Direktorat Pendidikan Agama Islam (Dit. PAI) mematangkan rencana pelaksanaan uji coba PPKB-GPAI yang mulai dilaksanakan pada tahun ini di 4 (empat) provinsi.
Penjelasan Tim Pengembang PPKB-GPAI direspon dengan sangat positif dari direktur dan pejabat Dit. PAI yang hadir. Kegiatan uji coba tersebut akan dilaksanakan pada tingkat provinsi; diawali dari proses pendataan dan identifikasi guru Pendidikan Agama Islam, bimbingan teknis dan pelaksanaan Penilaian Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (PKG-GPAI), simulasi hasil penilaian yang menggambarkan kompetensi GPAI dan dijadikan sebagai dasar pelaksanaan PPKB, sampai dengan pelaksanaan PPKB dan evaluasi pelaksanaannya.
Kemenag Segera Laksanakan Uji Coba PPKB-GPAI Tahun 2017

Dalam paparan yang disampaikan oleh Tim Pengembang kepada Direktorat Pendidikan Agama Islam tersebut, sebagaimana dikutip dari laman pendis.kemenag.go.id, Senin (31/7/2017), terjadi proses dialog yang sangat konstruktif terutama dalam hal proses pelaksanaan PPKB dengan proses pengiriman hasil PKG dengan mode daring dan akses data hasil PPKB oleh para pemangku kepentingan. Walau mode daring yang digunakan sebatas memanfaatkan google drive yang gratis, namun diyakini oleh tim akan mampu memfasilitasi pengolahan, akses, dan penyimpanan data dalam kapasitas terbatas. Pilihan ini diambil karena belum adanya infrastruktur data yang memadai. Kedepan, pada pelaksanaan yang sebenarnya akan digunakan infrastruktur data dan informasi yang jauh lebih baik lagi. Rencananya akan bekerjasama dengan Education Management Information System (EMIS).
Sementara itu, Dalam arahannya, Direktur PAI menyampaikan bahwa dengan telah tersusunnya pedoman dan panduan pelaksanaan PPKB-GPAI dan akan dilaksanakannya uji coba, dia optimis bahwa PPKB-GPAI akan bisa dilaksanakan lebih luas pada tahun 2018. Ia juga berharap, walaupun jika di tahun 2018 belum bisa dilaksanakan semuanya karena terbatasnya ketersediaan anggaran direktorat, akan tetapi ke depan program tersebut dapat terus berjalan lancar dengan didukung anggaran yang sangat memadai sehingga dapat dilaksanakan di semua provinsi.
 
4 propinsi target piloting PPKB-GPAI Tahun 2017
Dari keseluruhan propinsi yang ada di Indonesia ada 4 provinsi yang menjadi target ujicoba PPKB-GPAI: Mereka adalah:
Sulawesi Selatan
DKI Jakarta,
Nusa Tenggara Timur ,
dan Kalimantan Tengah.

Piloting terbatas PPKB-GPAI tahun 2017 ini diharapkan bisa memberikan gambaran pelaksanaan PPKB-GPAI yang sesungguhnya pada tahun 2018, dan merupakan uji coba penerapan pedoman pelaksanaan penyelenggaraan PPKB-GPAI.
Baca juga: Ini Lho 4 Wakil Indonesia di WSDC 2017.
 
Anda baru saja membaca  Piloting Pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Pendidikan Agama Islam (PPKB-GPAI) tahun 2017. Selengkapnya silahkan Klik Disini pada Sumber Utama

0 Response to "Kemenag Segera Laksanakan Uji Coba PPKB-GPAI Tahun 2017 Pada 4 Provinsi"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel