-->

PEDOMAN / JUKNIS PEMILIHAN GURU SD,SMP,SMA DAN SMK BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL TERBARU - Wawasan Pendidikan Nusantara

Wawasan Pendidikan Nusantara - Dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (2005), dinyatakan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Kemajuan sebuah bangsa ditentukan oleh kemampuan para pendidiknya untuk mengubah karakter generasi penerusnya ke depan. Tanpa figur pendidik, mungkin bangsa besar seperti Indonesia tidak akan dapat menikmati hasil jerih payah putra-putri nusantara yang sudah mendorong perkembangan tersebut.
Apresiasi yang ditujukan kepada mereka juga dinilai masih rendah mengingat betapa penting dan berharganya peran seorang Guru atau Pengajar dalam kehidupan sosial bermasyarakat.
“Pemimpin! Guru! Alangkah hebatnya pekerjaan menjadi pemimpin di dalam sekolah, menjadi guru di dalam arti yang spesial, yakni menjadi pembentuk akal dan jiwa anak-anak! Terutama sekali di zaman kebangkitan! Hari kemudiannya manusia adalah di dalam tangan guru itu, menjadi manusia”
Guru adalah sebuah profesi yang mulia karena di tangan merekalah masa depan bangsa ini ditentukan. Guru juga dianggap sebagai pahlawan pembangunan, karena di tangan mereka akan lahir pahlawan-pahlawan pembangunan yang kelak mengisi ruang-ruang publik di negeri ini. Guru yang ideal, bukan sekedar guru yang memenuhi syarat-syarat teknik: seperti pintar, pandai, atau pakar di bidang ilmu yang dimiliki; melainkan yang jauh lebih penting dari itu semua, guru harus bisa menempatkan dirinya sebagai "agent of change".

Pedoman dan Juknis Guru Berprestasi Wawasan Pendidikan Nusantara
Pada setiap tahun pemerintah akan memilih Guru Berprestasi, Kepala Sekolah Berprestasi dan Pengawas Sekolah Berprestasi untuk menambah semangat bekerja. Dalam pemilihan Guru Berprestasi, Kepala Sekolah Berprestasi dan Pengawas Sekolah Berprestasi terdapat Juknis dan Pedoman yang harus di ketahui. Silahkan Download Juknis dan Pedoman Pemilihan Guru Berprestasi, Kepala Sekolah Berprestasi dan Pengawas Sekolah Berprestasi Klik Link di Bawah Ini

 
 
Artikel Penting Lainnya
 
Berikut yang dapat admin bagikan semoga dapat membantu bapak/ibu guru dalam memenuhi semua kebutuhan administrasi sebagai penilaian
 
 
 
 

0 Response to "PEDOMAN / JUKNIS PEMILIHAN GURU SD,SMP,SMA DAN SMK BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL TERBARU - Wawasan Pendidikan Nusantara"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel