Pentingnya Analisis Buku Siswa Dalam Implementasi Kurikulum 2013
Perbedaan
antara kurikulum 2013 dengan kurikulum sebelumnya salah satunya adalah
adanya buku siswa dan buku guru yang sudah disediakan oleh pemerintah
pusat sebagai buku wajib sumber belajar di sekolah. Buku siswa
menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan peserta didik untuk
mencapai kompetensi yang diharapkan. Dalam proses belajar, peserta didik
dipacu untuk mencari dari sumber belajar lain yang tersedia dan
terbentang luas di sekitarnya. Oleh karenanya peran guru sangat penting
dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan
ketersedian kegiatan pada buku tersebut. Guru diharapkan dapat
memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang
sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam daerah
masing-masing. Dengan demikian, guru sebagai pengendali utama di dalam
proses belajar mengajar di kelas perlu mencermati terlebih dahulu
terhadap buku siswa maupun buku pegangan guru yang sudah disediakan
pemerintah. Hal ini diperlukan mengingat buku yang disediakan oleh
pemerintah ditujukan untuk keperluan skala nasional. Dengan
demikian, sebelum menggunakan di kelas, tentunya guru diharapkan sudah
membaca dan mencermati dengan melakukan analisis buku terlebih dahulu.
Hal ini dimaksudkan agar jika terdapat ketidaksesuaian atau
ketidaktepatan yang ada dalam buku tersebut, dapat dilakukan
langkah-langkah tindak lanjut untuk mengatasinya lebih awal.
Buku siswa yang disediakan oleh pemerintah dalam kurikulum 2013 ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan peserta didik untuk mencapa kompetensi yang diharapkan. Sedangkan dalam proses belajar, peserta didik dipacu untuk mencari dari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Oleh karena itu peran guru menjadi sangat penting dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersedian kegiatan pada buku tersebut. Guru diharapkan dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam daerah masing-masing. Dengan demikian, sebelum menggunakan di kelas, tentunya guru diharapkan sudah membaca dan mencermati dengan melakukan analisis buku terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar jika terdapat ketidaksesuaian atau ketidaktepatan yang ada dalam buku tersebut, dapat dilakukan langkah-langkah tindak lanjut untuk mengatasinya lebih awal. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam melakukan analisis buku siswa adalah: (1) kesesuaian isi buku dengan SKL, KI, dan KD; (2) kecukupan materi; (3) kedalaman materi; (4) kebenaran materi; (5) kesesuaian dengan pendekatan yang disarankan; dan (6) kesesuaian dengan penilaian yang digunakan.
Download Disini
0 Response to "Pentingnya Analisis Buku Siswa Dalam Implementasi Kurikulum 2013"
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.