-->

Download Contoh Lengkap Laporan Program Induksi Guru Pemula

Contoh Lengkap Laporan Program Induksi Guru Pemula 


Program Induksi Guru Pemula adalah kegiatan orientasi, pelatihan di tempat kerja, pengembangan, dan praktek pemecahan berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran/bimbingan dan konseling bagi guru pemula pada sekolah atau madrasah di tempat tugasnya.

Pelaksanaan Program Induksi Bagi Guru Pemula sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2010 tentang Program Induksi bagi  Guru Pemula.
Guru pemula adalah guru yang baru pertama kali ditugaskan untuk melaksanakan proses pembelajaran atau bimbingan dan konseling pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah, pemerintah daerah, atau masyarakat.
Download Contoh Lengkap Laporan Program Induksi Guru Pemula
Contoh Lengkap Laporan Program Induksi Guru Pemula 

Salah satu syarat untuk pengangkatan pertama kali dalam jabatan fungsional guru adalah harus memiliki kinerja yang baik yang dinilai dalam masa program induksi.

Pelaksanaan program induksi bertujuan untuk membimbing guru pemula agar dapat: beradaptasi dengan iklim kerja dan budaya sekolah/madrasah; dan melaksanakan pekerjaannya sebagai guru profesional di sekolah/madrasah.

Program Induksi Guru Pemula akan melibatkan pembimbing, kepala sekolah, dan pengawas pada satuan pendidikan terkait.

Pembimbing adalah guru profesional berpengalaman yang diberi tugas untuk membimbing guru pemula dalam melaksanakan program induksi.

Penilaian yang dilakukan berbentuk penilaian kinerja, yaitu  penilaian terhadap proses dan hasil kerja yang dilakukan oleh guru pemula.

Peserta program induksi telah menyelesaikan program induksi dengan nilai kinerja paling kurang kategori baik, berhak mendapatkan sertifikat program induksi yang dikeluarkan oleh dinas pendidikan atau kantor kementerian agama setempat.

Fungsi Program Induksi Guru Pemula
  1. Bagi guru pemula yang berstatus CPNS/PNS mutasi dari jabatan lain, program Induksi dilaksanakan sebagai salah satu syarat pengangkatan dalam jabatan fungsional guru.
  2. Bagi guru pemula yang berstatus Bukan PNS, program Induksi dilaksanakan sebagai salah satu syarat pengangkatan dalam jabatan guru tetap.
  3. Prinsip Penyelenggaraan Program Induksi
  4. Program induksi diselenggarakan berdasarkan prinsip :keprofesionalan: penyelenggaraan program yang didasarkan pada kode etik profesi, sesuai bidang tugas;kesejawatan: penyelenggaraan atas dasar hubungan kerja dalam tim;akuntabel: penyelenggaraan yang dapat dipertanggungjawabkan kepada publik; danberkelanjutan: dilakukan secara terus menerus dengan selalu mengadakan perbaikan atas hasil sebelumnya

Peserta Program Induksi
  1. Guru pemula berstatus calon pegawai negeri sipil(CPNS) yang ditugaskan pada sekolah/madrasah yang diselenggarakan oleh Pemerintah atau      pemerintah daerah
  2. Guru pemula berstatus pegawai negeri sipil (PNS) mutasi dari jabatan lain.
  3. Guru pemula bukan PNS yang ditugaskan pada sekolah/madrasah yang diselenggarakan oleh masyarakat.

Hak Guru Pemula dalam Program Induksi
  1. Memperoleh bimbingan dalam hal : pelaksanaan proses pembelajaran, bagi guru kelas dan guru mata pelajaran; pelaksanaan proses bimbingan dan konseling, bagi guru Bimbingan dan Konseling; pelaksanaan tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.
  2. Memperoleh sertifikat bagi guru pemula yang telah menyelesaikan program induksi dengan nilai kinerja paling kurang kategori Baik

Kewajiban Guru Pemula dalam Program Induksi
  1. Guru pemula memiliki kewajiban merencanakan pembelajaran/ bimbingan dan konseling, melaksanakan pembelajaran/ bimbingan dan konseling yang bermutu, menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran/ bimbingan dan konseling, serta melaksanakan perbaikan dan pengayaan.
  2. Guru pemula berkewajiban melaksanakan pembelajaran, antara 12 (dua belas) hingga 18 (delapan belas) jam tatap muka per minggu bagi guru mata pelajaran, atau beban bimbingan antara 75 (tujuh puluh lima) hingga 100 (seratus) peserta didik bagi guru Bimbingan dan Konseling

Tempat dan Waktu Pelaksanaan Program Induksi
Program induksi dilaksanakan di satuan pendidikan tempat guru pemula bertugas selama 1 (satu) tahun dan dapat diperpanjang paling lama 1 (satu) tahun.

  1. Kriteria Guru Pembimbing Program Induksi
  2. Kompetensi sebagai guru profesional
  3. Kemampuan bekerja sama dengan baik
  4. Kemampuan komunikasi yang baik
  5. Kemampuan menganalisis dan memberikan saran-saran perbaikan terhadap proses pembelajaran/ bimbingan dan  konseling
  6. Pengalaman mengajar pada jenjang kelas yang sama dan pada mata pelajaran yang sama dengan guru pemula, diprioritaskan yang telah memiliki; pengalaman mengajar sekurang-kurangnya 5 tahun dan memiliki jabatan sebagai Guru Muda.


Download contoh lengkap laporan Program Induksi Guru Pemula pada link di bawah ini.

Demikian yang dapat admin bagikan mengenai contoh laporan Program Induksi Guru Pemula. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Download Contoh Lengkap Laporan Program Induksi Guru Pemula "

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel