Kamis, 24 Mei 2018

Pemetaan Mutu Pendidikan 2018: Apa yang Baru?

Sejak awal dirilis Aplikasi PMP 2018 versi 04 awal April lalu, sekolah sudah bisa memulai untuk melakukan pengumpulan data mutu pendidikan. Ada beberapa fitur baru yang ditambahkan pada aplikasi versi tahun 2018 ini. Apa saja kah?
Dalam 7 Hari, Rapor Sekolah bisa Dilihat

Pada PMP versi 2018, akan ada prefill PMP. Prefil PMP berkait dengan rapor mutu tingkat sekolah. Menurut tim Satgas PMP Kemdikbud, prefill akan berisi data-data hasil isian data mutu yang dilakukan sekolah. Dengan prefill tersebut, sekolah bisa langsung membuka rapor mutunya. Tim Satgas menjanjikan prefill akan tersedia untuk diunduh 7 x 24 jam setelah sekolah mengirim datanya.
Log Login dan Durasi Pengerjaan
Di aplikasi PMP 2018, sudah ada fitur log login dan durasi pengerjaan dari tiap-tiap responden. Dengan log tersebut, akan terbaca berapa kali seorang responden login ke sistem, dan berapa lama durasi yang dibutuhkan oleh responden setiap kali log in. Fitur ini berguna untuk mendeteksi apakah entri oleh responden dilakukan dalam waktu yang wajar. Fungsinya adalah untuk mendeteksi sekaligus mencegah terjadinya malpraktik penggunaan aplikasi tidak resmi.
Pengawas adalah Validator
Pada aplikasi PMP versi 2018, pengawas hanya bisa mengentri data mutunya jika seluruh responden di sekolah, yaitu Kepala Sekolah, guru, siswa, dan komite sekolah sudah mengentri dan melakukan konfirmasi. Dengan fitur ini, seorang pengawas dapat mereviu jawaban sekolah dan mencocokkan kembali dengan kondisi sekolah yang sebenarnya.
Fitur Lainnya
Fitur lain yang merupakan hal baru di aplikasi PMP 2018 adalah Fitur Muat Ulang (reload) untuk refresh halaman, fitur cetak kuesioner yang telah diisi, dan fitur peringatan penggunaan alat (tools) di luar Aplikasi PMP. DG
Silahkan Baca DI Sumber Utama
Aplikasi PMP 2018 Unduh
Aplikasi Faster PMP Unduh


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.