-->

Kemdikbud Gelar Sayembara Menulis, Inilah Pedomannya!



Sayembara Kemdikbud

Kemdikbud kembali menggelar ajang kompetisi antar siswa se-Indonesia. Kali ini Kemdikbud membuka sayembara menulis surat kepada Mendikbud Republik Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka bulan bahasa dan sastra tahun 2016

 
Dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra 2016, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa mengajak anak-anak siswa SD/Madrasah Ibtidaiah kelas 4, 5, dan 6 serta siswa SMP/Madrasah Sanawiah kelas 7 di seluruh Indonesia untuk mengikuti sayembara menulis surat untuk Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dengan menulis surat, anak-anak dapat melatih cara menyampaikan perasaan dan pikiran dengan tulisan dan bahasa yang baik. Selain itu, melalui kegiatan ini, mereka pun dapat menyalurkan minat dan bakat karang-mengarang. Kemampuan menulis pun diharapkan akan semakin terasah dan terus meningkat.
Sasaran Lomba
Sayembara menulis surat kepada Mendikbud RI ini dibuka untuk para siswa SD/MI kelas 4, 5, dan 6 serta siswa SMP/MTs  kelas 7 di semua wilayah Republik Indonesia. Harapan dari Kemdikbus sayembara ini dapat memfasilitasi para siswa dalam melatih cara menyampaikan perasaan dan pikiran melalui tulisan maupun bahasa yang baik. Kemdikbud juga berharap para siswa dapat menyalurkan minat dan bakat mengarangnya. Sehingga, kemampuan menulis siswa diharapkan akan semakin terasah dan meningkat.

Tema Lomba
Tema lomba yang diangkat pada sayembara menulis surat kepada Mendikbud RI ini adalah “Membaca dan menulis adalah kunci untuk menguasai dunia”.

Peryaratan Lomba
Syarat surat yang ditulis untuk Mendikbud RI adalah sebagai berikut: (1) berisi pandangan atau kritik yang membangun, harapan, maupun cita-cita terhadap masa depan pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia; (2) tidak mengandung pornografi serta tidak berpotensi menimbulkan konflik SARA; (3) karya pribadi siswa  dan asli, belum pernah dipublikasikan, serta belum pernah diikutsertakan dalam lomba atau sayembara apa pun; (4) terdiri atas 3-6 paragraf; (5) ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia; (6) dikirim dalam dua bentuk, yaitu tulisan tangan asli siswa menggunakan pulpen dan diketik rapi 1,5 spasi dengan huruf TNR (times new roman) ukuran 12 atau huruf arial ukuran 11; serta beberapa persyaratan lainnya.

Pengiriman Naskah
Pengiriman naskah paling lambat diterima pada tanggal 15 Agustus 2016 (cap pos).

Pengumuman Sayembara
Pengumuman pemenang sayembara akan dilakukan melalui media website, SMS, media sosial, maupun surat pemberitahuan langsung ke para peserta yang menjadi pemenang. Pengumuman rencananya pada minggu kedua bulan September 2016.

Hadiah Lomba Sayembara Menulis
Kemdikbud menyediakan hadiah puluhan juta rupiah bagi para pemenang. Selain itu sepuluh penulis surat terbaik juga akan mendapat hadiah berupa: (1) piagam penghargaan, (2) Kamus Besar Bahasa Indonesia/KBBI, (3) buku novel sastra, dan (4) Terbitan Badan Bahasa.
 
Untuk informasi detil dan persyaratan lebih lanjut dapat mengunduh lampiran dibawah ini.

0 Response to "Kemdikbud Gelar Sayembara Menulis, Inilah Pedomannya!"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel